Rambut tipis dan rontok

Kerontokan rambut temporer sering terjadi setelah sakit atau stres, atau karena infeksi kulit seperti kurap. Perawatan rambut, penataan secara kimia juga topi dapat menyebabkan masalah ini. Beberapa obat dan penyakit dalam periode lama menyebabkan kerontokan rambut, juga terjadi temporer pada wanita setelah melahirkan. Kerontokan rambut permanen umumnya karena keturunan dan mulai terjadi pada lelaki di awal 20 an. Wanita yang mewarisi sifat ini akan mengalami penipisan rambut tetapi biasanya tidak menjadi botak.

 


Segera hubungi dokter jika:
• Kerontokan rambut hebat atau di satu bagian dalam minggu-minggu terakhir.
• Anda pikir kerontokan rambut akibat obat atau penyakit.
• Anda sering menariki rambut.

 

Yang dapat Anda lakukan
Untuk mencegah kerontokan rambut, langkah berikut dapat memperlambatnya.
• Diet yang keras dapat berkontribusi dalam kerontokan rambut. Pastikan banyak protein dan zat besi dalam diet Anda.
• Hindari mewarnai, meluruskan, dan mengkriting rambut Anda. ada materi zat kimia yang membuat rambut rapuh.
• Jangan gunakan topi terus menerus kecuali perlu mengenakan helm pengaman di tempat kerja.
• Biarkan rambut kering secara alamiah, tanpa pengering. Jangan sisir rambut saat masih basah.
• Jika rambut tipis, potonglah. Rambut pendek dapat membuatnya tampak lebih tebal. Beberapa pria mencukur sekalian agar mundurnya garis rambut tak terlihat.
• Jika Anda di tahap awal kerontokan rambut akibat keturunan, Anda dapat mencoba larutan yang mengandung minoxidil yang dapat mengembalikan kesuburan rambut (lihat: http://www.rumahfarmasi.com/mengatasi-rambut-rontok-c-44.html)

 

Protein dan zat besi
Protein penting untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk rambut. Pastikan bahwa seperenam total pemasukan kalori dan makanan seperti daging, ikan, keju, dan kacang. Zat besi juga menyehatan rambut. Makan banyak: sereal, kacang polong, ikan, unggas, daging, dan sayuran hijau.

 

Larutan minoxidil dapat memperlambat atau mencegah kerontokan rambut secara permanen untuk lelaki dan wanita. Pengobatan ini diberikan dua kali sehari dan perlu terus menerus karena efeknya berkurang setelah dihentikan. Anda perlu menunggu setahun untuk melihat perubahannya.

 

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Website Apps